Jika anda pecinta koleksi burung, maka referensi Aneka Burung Kicau, Suara Burung Kicau, Cara memelihara burung, makanan burung bisa anda dapat disini.

Thursday, April 30, 2015

Burung Punglor Anis Kening / Punglor Kayu Si Cantik "Susah Bunyi"

Burung Punglor Anis Kening / Punglor Kayu Si Cantik "Susah Bunyi"  | Punglor Kayu, Eyebrowed Thrush (Turdus obscurus) atau kadang-kadang disebut Punglor kening adalah salah satu burung Punglor (Anis) dari genus Turdus. Burung ini kadang-kadang dirujuk sebagai Punglor Kening. Apa pun namanya, burung ini masih semacam Punglor dari genus Turdus, dan masih punglor jenis lain yang terkait dengan genus Zoothera/murai.

Punglor kening, dirinya tidak sepopuler kerabat lainnya seperti Punglor Merah, Kembang, Cendana, Macan. Untuk beberapa penggemar kicau burung, burung termasuk "susah bunyi" dan kurang greget untuk diikutkan kontes. Namun demikian, bukan berarti hal ini tidak menarik untuk dikoleksi. Burung ini juga mampu berkicau dengan karakteristik tersendiri. Meskipun kicauan biasanya tidak bisa sehalus dimaafkan genus murai, agak kasar dengan suara khasnya "crrr chek chek" dikombinasikan dengan sempritan pendek dan desah panjang, kadang bisa ngerol juga kadang-kadang, tergantung pada kemampuan burung untuk merekam/meniru suara di sekitarnya.
File:Eyebrowed Thrush.jpg
Burung Punglor Anis Kening

Burung Punglor Anis Kening / Punglor Kayu Si Cantik "Susah Bunyi" 

Punglor Kayu,
: Eyebrowed Thrush
: (Turdus obscurus)
Klasifikasi:
Class: Aves
Order: Passeriformes
Family: Turdidae
Genus: Turdus
Species: Turdus obscurus, Gmelin, 1978

Punglor Kayu, memiliki semacam alis di atas matanya, karena itulah dia diberinama Eyebrowed Thrush, dengan ciri, coklat kekuningan. Jantan dan betina hampir tidak bisa dibedakan, karena memiliki pemampilan yang nyaris serupa. Mugkin dari penampilan sorot mata yang tajam dari sang jantan baru bisa kita membedakannya.

Burung ini masih banyak beredar di pasar-pasar burung Indonesia, dengan kisaran harga Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000. Harga yang tidak mahal, mengingat burung ini kurang diminati para penggemar burung. Tapi dengan perawatan yang rutin dan sabar, bisa jadi burung ini bisa dipoles menjadi burung yang tidak kalah dengan kerabat punglor lainnya.

Punglor Kayu, sebenarnya berasal dari Siberia, hidup dan berkembang biak di hutan pinus yang lebat. Pada musin dingin di Siberia, burung-burung ini bermigrasi dalam kelompok-kelompok kecil ke daerah hangat ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Gerakan migrasi burung ini, tercatat pernah sampai Australia.
Bersarang dan bertelur di pohon, meletakkan 4-6 telur dalam sarang yang terbuat rapi. Punglor Kayu biasanya mencari makan di atas tanah yang lembab, mencari berbagai jenis serangga, cacing tanah dan biji-bijian. Burung jantan bersiul (berkicau) dengan lagu yang yang sederhana, mirip dengan Mistle Thrush.

Nah itu dia Burung Punglor Anis Kening / Punglor Kayu Si Cantik "Susah Bunyi" di Indonesia yang bisa kita pelajari untuk menambah wawasan, semoga bermanfaat ya kawan aneka burung kicau.
Diolah dari berbagai sumber dari wikipedia dan google
Burung Punglor Anis Kening / Punglor Kayu Si Cantik "Susah Bunyi" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown